Jumat, 23 April 2010

ARTIKEL SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

A. Definisi
Sistem informasi manajamen adalah merupakan sistem informasi yang menghasilkan keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan Manajemen.
B. Tujuan Umum
• menyediakan informasi yang dipergunakan didalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
• menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
• menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
C. Proses Manajemen
Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas berikut :
• Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karena nya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan indentifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
• pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari pertempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya.
• Pengambilan keputusan, proses pemilihan diantara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih.
D. Macam-Macam Sistem Informasi
1. Sistem Informasi Perbankan
2. Sistem Informasi Akuntansi
3. Sistem Informasi Pemasaran
4. Sistem Informasi Geografi
5. Sistem Informasi Keuangan
Sumber : http://zhen03.blogspot.com/2010/02/artikel-sistem-informasi-manajemen.html
SIM.Kuliahbersama.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar